Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IKAN KAPIAT, IKAN PEMAKAN KUTU IKAN KOI


IKAN KAPIAT, IKAN PEMAKAN KUTU IKAN KOI

Ikan Kapiat atau disebut juga Tengadak atau Kepiat di ambil dari bahasa latin yaitu"Barbonymus Schwanenfeldii" yang berarti jenis ikan tawar yang masih satu kerabat dengan ikan mas, ikan ini menyebar di sungai asia tenggara termasuk ke Indonesia.

Ikan kapiat berukuran sedang, panjang standar mencapai 340 mm. Profil badannya bundar telur memanjang apabila dilihat dari samping, dan memipih tegak dilihat dari depan dengan garis tengkuk yang melengkung hingga awal sirip dorsal. Sisik-sisik relatif berukuran besar. Tinggi tubuh 2,3-2,4 kalinya sebanding dengan panjang standar  sementara panjang kepalanya 3,5-4 kalinya sebanding dengan panjng standar. Moncongnya menumpul dua pasang sungut terdapat di atas dan di sudut mulutnya, di rahang atas.

Punggungnya kehijauan sisi sampingnya keperakan hingga putih di bagian perut sisik-sisik di arah punggung dengan pangkal berwarna gelap keunguan. Sirip-sirip dorsal dan kaudal berwarna merah indah bagian muka sirip dorsal dan tepi atas serta tepi bawah sirip kaudal dengan pita ungu kehitaman. Sirip-sirip yang lain kemerah-jambuan.

 

IKAN KAPIAT, IKAN PEMAKAN KUTU IKAN KOI

Tempat hidup atau babitat asli nya ikan kaviat ini adalah sungai-sungai besar dan kecil termasuk di selokan atau parit, kapiat lebih banyak memakan tumbuhan seperti lumut, tumbuh tumbuhan darat yang terendam di dalam air, ganggang, hewan hewan kecil seperti mikroba dan lain lain.

Ikan kaviat dipercaya  dapat membersihkan dinding kolam atau aquarium dengan cara memakan kutu yang menempel di dinding kolam atau akuarium. Umumnya ikan kapiat yang dijual di Indonesia adalah ikan kapiat bangkok, dengan ciri khas berwarna merah muda cerah dengan mata merah. Ikan Kaviat biasa dijual di tempat penjualan toko ikan hias pada ukuran 10 cm - 15 cm.

Jika dipelihara di aquarium bersama dengan ikan predator, sebut saja ikan arwana misalnya, maka kapiat merupakan jenis ikan pemakan segalanya sehingga ikan ini sangat cocok dijadikan "tankmate" ikan arwana, karena kapiat bisa membersihkan aquarium dari lumut, kotoran arwana, sisa sisa makanan ikan lain di aquarium yang dihuni oleh arwana atau sejenisnya. Jika di kolam koi makan dia akan bersimbiosis mutualisme dengan ikan koi.

Masih banyak jenis ikan ikan lain yang bisa dijadikan tankmate ikan predator seperti alligator atau arwana di dalam aquarium yang selain bisa menjadi sahabat bisa juga sebagai ikan yang mempunyai peran bersih bersih di aquarium. Seperti ikan sapu sapu, oscar, tiger datz, fei feng, cat fish alligator dan lain sebagainya, akan tetapi sejauh ini yang paling cocok dijadikan tankmate arwana tetap saja ikan kapiat dengan keuntungan yang lebih besar. Pun begitu ketika di pelihara berbarengan di kolam koi, ikan kaviat dapat menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan ikan koi. Ikan kaviat akan memakan kutu ikan koi dan ikan koi tidak memusuhi ikan kaviat.

Oleh karena itu, ikan kapiat ini sering sekali kita jumpai di tempat penjualan ikan hias di pinggir jalan. Karena Fungsi Ikan Kapiat sangat lah bagus buat teman hidup, termasuk aquarium yang kita miliki senantiasa bersih dari sisa makanan dan kotoran. Biasanya ikan kapiat ini dapat dijadikan tank mate ikan koi atau arwana. Dan adapaun jumlah ikan kaviat yang akan dipelihara di kolam atau aquarium tidak lebih dari 3 ekor saja.

 

IKAN KAPIAT, IKAN PEMAKAN KUTU IKAN KOI

Dengan mengetahui peran ikan kapiat ini semoga membuat orang yang selama ini bertanya-tanya kenapa ikan kapiat banyak dipelihara bersama ikan koi atau ikan arwana bisa tercerahkan dan tidak penasaran lagi. Uraian ini membahas mengenai fungsi ikan kapiat. Semoga pembahasan ini bisa memberikan manfaat dan ilmu baru bagi kita semua. Nah untuk yang punya ikan koi di kolam atau ikan arwana di aquarium dan belum punya tank mate maka ikan kapiat ini sangat di rekomendasikan sekali.