Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Ikan Molly Jantan dan Betina

 

Cara Membedakan Ikan Molly Jantan dan Betina

Memelihara ikan hias di akuarium kaca sendiri terbukti dapat memperindah ruangan didalam rumah, gedung kantor, maupun sekolah, nah salah satu jenis ikan hias cantik yang dapat kalian pelihara adalah ikan hias molly, ikan ini memiliki ciri khas dan spesifikasinya  sendiri yang membuat orang- orang tertarik untuk memeliharanya di dalam rumah.

Ikan molly sudah populer di kalangan pecinta ikan hias. Warnanya yang beragam dan bentuknya yang lucu membuat akuarium lebih hidup dan menyenangkan dipandang. Apakah teman-teman sudah tahu belum perbedaan ikan molly jantan dan betina? Untuk kalian yang ingin memulai beternak ikan molly, tentu informasi ini wajib diketahui.

Nah berikut ini perbedaan antara ikan molly jantan dan betina :

 

1. Bagian Kepala

Cara Membedakan Ikan Molly Jantan dan Betina

 

Ikan molly jantan mempunyai bentuk kepala yang lumayan besar. Selain memiliki kepala yang lumayan besar, bentuk ikan hias yang satu ini juga bulat.Sedangkan pada ikan molly betina mempunyai bentuk kepala yang sedikit runcing kedepan. Membedakan antara ikan molly jantan dengan ikan molly betina bisa dibilang cukup mudah jika dilihat dari bagian kepalanya.

 

2. Warna

Cara Membedakan Ikan Molly Jantan dan Betina

 

Perbedaan fisik yang kedua adalah pada bagian warna tubuhnya. Ikan molly jantan mempunyai warna tubuh yang lebih cerah jika dibandingkan dengan yang betina.Sedangkan betina mempunyai warna tubuh yang agak gelap. Ikan hias molly memang mempunyai jenis variasi warna seperti coklat, hitam, merah, orange dan lainnya. Selain mempunyai warna yang agak cerah, ikan hias yang satu ini juga mempunyai corak yang khas.

 

3. Bentuk Tubuhnya

Cara Membedakan Ikan Molly Jantan dan Betina

 

Membedakan antara ikan molly jantan dengan molly betina yang paling gampang adalah dengan melihat bagian bentuk tubuhnya. Bentuk tubuh yang jantan jauh lebih ramping jika dibandingkan ikan molly betina.Hal ini karena ikan hias molly betina mempunyai sebuah kantung untuk dapat menyimpan telur-telurnya sebelum akan dikeluarkan sehingga terlihat jauh lebih besar dan gemuk.

 

4. Bentuk Sirip

Cara Membedakan Ikan Molly Jantan dan Betina


Ikan molly mempunyai bentuk sirip yang sangat indah dan agak lebar seperti halnya ikan hias cupang. Bentuk sirip yang panjang dan agak lebar inilah yang menjadi daya tarik utama ikan hias molly ini sehingga banyak diburu oleh pecinta ikan hias.

Bahkan banyak juga orang yang rela menghabiskan uangnya hanya untuk membeli ikan hias molly yang memiliki sirip lebar dengan harga yang sangat mahal. Untuk dapat membedakan antara ikan molly jantan dan bentina bisa kamu lihat pada siripnya.Apabila sirip ikan molly lebih panjang dan lebar maka sudah pasti berjenis kelamin jantan, tetapi jika memiliki sirip yang pendek dan sempit maka berarti berjenis kelamin betina.

 

5. Bagian Tonjolan di Belakang Sirip Perut

Cara Membedakan Ikan Molly Jantan dan Betina

 

Ikan molly jantan mempunyai tonjolan pada bagian belakang atau yang biasa disebut dengan gonopodium. Sedangkan ikan yang berjenis kelamin betina tidak mempunyai tonjolan pada bagian belakang sirip perut. Tetapi ikan hias molly betina mempunyai bulu yang halus pada bagian belakang sirip perutnya. Sangat mudah bukan cara membedakannya?

Itulah cara untuk membedakan antara ikan molly betina dan jantan. Semoga informasi yang telah admin sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kamu yang masih belum mengetahuinya. Perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina Yang Harus Kamu Tahu