Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi & Cara Menggunakan Methylene Blue

 

Fungsi & Cara Menggunakan Methylene Blue

Methylene Blue (juga dikenal sebagai methylthioninium chloride) adalah pewarna kationik, indikator redoks, dan fotosensitizer. Dalam akuakultur, ini berfungsi sebagai anti-jamur dan anti-parasit dan umumnya digunakan untuk merawat telur ikan untuk memastikan mereka tidak hilang karena pertumbuhan jamur yang berlebihan. Methylene Blue adalah disinfektan yang aman untuk akuarium dan juga dapat digunakan untuk pengobatan keracunan amonia dan nitrit.

Gangguan yang digunakan untuk mengobati Methylene Blue meliputi:

    Keracunan Nitrit: Ikan terengah-engah, insang cokelat atau coklat, gerakan insang cepat yang dikenal sebagai "gilling."

    Keracunan Amonia: Ikan terengah-engah, insang merah atau ungu, lesu - mungkin tergeletak di bagian bawah, garis-garis merah pada tubuh atau sirip.1

    Ichthyophthirius multifilis: Bintik-bintik putih kecil menyerupai pasir, goresan ikan terhadap benda

    Oƶdinium pilularis: Juga dikenal sebagai Velvet, ini sebenarnya disebabkan oleh parasit.

    Swim Bladder Disorder: Ikan berjuang untuk mempertahankan posisi yang tepat, mengapung terbalik, berenang dengan ekor lebih tinggi dari kepala.

    Jamur Telur: Berfungsi sebagai desinfektan yang aman dan ringan untuk telur ikan.

    Ikan Stres: Pengobatan profilaksis ikan di bawah stres, biasanya karena dipindahkan.

Aplikasi Aman

Methylene Blue dapat digunakan untuk krustasea, termasuk kepiting, udang, dan siput, tetapi harus diperkenalkan dengan hati-hati. Ini akan merusak tanaman hidup dan harus digunakan dengan hati-hati dalam kasus tersebut, memastikan bahwa tanaman terkena hanya untuk jangka waktu yang terbatas.

Methylene Blue tidak boleh digunakan bersamaan dengan Erythromycin atau Tetracycline. Setelah menggunakan kondisioner air jenis reduksi Redoks (yang mencakup sebagian besar kondisioner air), tunggu selama 30 menit sebelum menambahkan Metilen Biru. Hentikan penggunaan media karbon dalam filter saat merawat, karena akan menghilangkan Metilen Biru.

Jamur pada Telur Ikan

Untuk pencegahan atau pengobatan jamur pada telur ikan, ikuti petunjuk berikut untuk merawat akuarium Anda dengan Methylene Blue:

    Hapus karbon dari filter dan terus beroperasi dengan media filter mekanis.

    Tambahkan 1 sendok teh 2,303% Methylene Blue per 10 galon air. Ini menghasilkan konsentrasi 3 ppm. Untuk peningkatan konsentrasi, tambahkan kira-kira 1/3 sendok teh (1,64 ml) per 10 galon untuk setiap peningkatan 1 ppm yang diperlukan.

    Hanya satu aplikasi yang dibutuhkan. Perawatan harus dilanjutkan selama 3 hari setelah tahap berenang bebas atau untuk pengidap hidup 2 hari setelah kelahiran.

Protozoa Parasit Eksternal

Jika akuarium Anda terkena jamur atau protozoa parasit eksternal, aplikasikan Methylene Blue menggunakan langkah-langkah berikut:

    Lepaskan filter karbon dan terus beroperasi dengan media filter mekanis selama periode perawatan.

    Tambahkan 1 sendok teh 2,303% Methylene Blue per 10 galon air. Ini menghasilkan konsentrasi 3 ppm. Lanjutkan pengobatan selama 3 sampai 5 hari.

    Lakukan penggantian air seperti yang disebutkan dan ganti filter karbon pada akhir perawatan.

Keracunan Nitrit atau Sianida

 

Sebagai bantuan dalam membalikkan keracunan nitrit (NO2−) atau sianida (CN−) pada ikan laut atau air tawar, gunakan Metilen Biru dalam aplikasi berikut:

    Lepaskan filter karbon dan terus beroperasi dengan media filter mekanis selama periode perawatan.

    Tambahkan 1 sendok teh 2,303% Methylene Blue per 10 galon air. Ini menghasilkan konsentrasi 3 ppm. Lanjutkan pengobatan selama 3 sampai 5 hari.

    Lakukan penggantian air seperti yang disebutkan dan ganti filter karbon pada akhir perawatan. protozoa parasit.

Gunakan sebagai Dip

Anda juga dapat menggunakan Methylene Blue untuk mengobati ikan dengan infeksi jamur, mereka yang terkena parasit protozoa eksternal, atau mereka yang menderita keracunan sianida.

    Siapkan wadah nonlogam dengan ukuran yang cukup untuk menampung ikan yang akan dirawat dengan menambahkan air yang mirip dengan akuarium aslinya.

    Tambahkan 5 sendok teh (24,65 ml) per 3 galon air. Ini menghasilkan konsentrasi 50 ppm. Tidak disarankan untuk meningkatkan konsentrasi melebihi 50 ppm.

    Tempatkan ikan yang akan dirawat dalam larutan ini tidak lebih dari 10 detik.

    Kembalikan ikan ke akuarium asli.

Produk

Petunjuk Dosis: 1,25 ons. petunjuk dosis botol penetes: Tambahkan 1 tetes per 1 galon. Lakukan penggantian air 25% setelah 3 hingga 5 hari dan ganti karbon. Jika digunakan sebagai pencegahan jamur telur lanjutkan pengobatan 2-3 hari setelah ikan bebas berenang.

Petunjuk dosis konsentrat bubuk: Buang bagian atas dan tambahkan air secara perlahan ke bagian atas botol. Pasang kembali tutup rapat dan kocok perlahan agar tercampur (disarankan menggunakan Reverse Osmosis atau Air suling). Tambahkan 1 sendok teh per 10 galon. Lakukan penggantian air 25% setelah 3 hingga 5 hari dan ganti karbon. Jika digunakan sebagai pencegahan jamur telur lanjutkan pengobatan 2-3 hari setelah ikan bebas berenang.

Hentikan filtrasi karbon tetapi pertahankan semua filtrasi lainnya berjalan selama perawatan. Ganti karbon setelah perawatan.

Kordon / Oasis Methylene untuk Aquarium

Petunjuk Penggunaan Pabrikan: Theprosedur berikut disarankan untuk akuarium dan kolam air tawar dan laut. Methylene Blue dapat diserap oleh material berpori seperti batu, koral, dan kayu. Produk ini paling baik digunakan di akuarium atau kolam kosong, terutama jika masih baru. Methylene Blue dapat secara permanen mewarnai sealant silikon di akuarium. Pada akhir semua perawatan, penggantian air sebagian atau seluruhnya harus dilakukan dan karbon aktif diganti dalam filter.