Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IKAN KIPER BERACUN TAPI MASIH BISA DIMAKAN

IKAN KIPER BERACUN TAPI MASIH BISA DIMAKAN

Ikan kiper atau biasa disebut ikan kitang atau ketang-ketang merupakan ikan yang memiliki bercak totol berwarna kehijauan, coklat atau keperakan sampai keemasan pada bagian sisinya dengan bintik coklat sampai coklat kemerahan. Spesies ini hidup di air tawar, perairan pantai dan muara, seringkali di daerah bakau. Ikan ini sering dijumpai dalam koloni yang cukup banyak, berkerumun dan dikenal sangat rakus karena bisa memakan apa saja yang ditemui di habitatnya.

Identifikasi

Ikan kiper atau spotted scat adalah spesies terkompresi bertubuh dalam. Warnanya kehijauan, coklat atau keperakan sampai emas di sisi dengan bintik coklat sampai coklat kemerahan. Remaja sering lebih gelap, sering dengan bar terang dan gelap bergantian.

Habitat

Ikan kiper atau Scat Spotted hidup di air tawar, perairan pantai dan muara, sering terlihat juga di daerah mangrove.

Distribusi

Persebaran ikan ini berada di wilayah tropis dan beberapa perairan beriklim hangat di Indo-barat dan Pasifik Tengah. Di Australia dikenal dari barat laut Australia Barat, di sekitar utara tropis negara itu dan selatan ke pantai tengah New South Wales.

Dampak ekonomi

Merrick (1984) menyatakan bahwa "Spesimen berukuran besar dilaporkan layak dimakan, tetapi harus segera dibersihkan setelah ditangkap untuk menghindari racun."

Bahaya bagi manusia

Ikan ini harus ditangani dengan hati-hati karena duri sirip punggung dapat menimbulkan luka yang menyakitkan. Ikan ini memiliki kelenjar racun yang ada di dasar duri baik ikan yang masih remaja maupun ikan dewasa. Di hatibat alaminya ikan kiper akan memakan cacing, krustasea (udang), serangga dan fragmen tumbuhan. Satu hal yang harus diwaspadai oleh pemancing adalah bagian sirip dorsal dan anal ikan kiper yang berbisa. Bagian tubuh yang terkena duri akan terasa sangat perih dan sakit bahkan menyebabkan sensasi panas dingin serta kepala pusing. Cara terbaik untuk mengobati bagian tubuh yang terkena racun ikan kiper adalah merendam luka di dalam air hangat sehingga efek racunnya akan cepat berkurang.