Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Ikan Sturgeon Paling Populer Di Dunia

 

7 Jenis Ikan Sturgeon Paling Populer Di Dunia

Ikan sturgeon adalah nama umum dari famili Acipenseridae, dikutip dari www.fishbase.in didalam keluarga acipenserida ada 4 genus yaitu Acipenser terdiri dari 17 spesies, Huso  2 spesies, Scaphirhynchus 3 spesies, dan Pseudoscaphirhynchus 3 spesies juga.  Total 25 spesies yang diketahui. Sayangnya banyak spesies yang terancam punah.

Dari 25 spesies tersebut kami coba rangkum 7 spesies sturgeon paling populer karna ada juga yang sudah di budidaya untuk memenuhi kebutuhan kaviar di seluruh dunia.

1) Sturgeon Siberia (Acipenser baerii)

7 Jenis Ikan Sturgeon Paling Populer Di Dunia

Sturgeon Siberia Berasal dari ya tentu saja Siberia, Kazakhstan, dan Cina. Strugeon ini cukup populer di industri aquakultur karna dimanfaatkan daging dan kaviarnya. Bisa hidup sampai 60 tahun ikan juga bisa tumbuh dengan panjang 2 meter dan berat 200kg. Mereka cenderung tinggal di kedalaman 20 – 50 meter. Di alam liar, ikan ini memangsa berbagai invertebrata yang tinggal di dasar, seperti larva, krustasea, dan cacing. Ikan sturgeon Siberia cukup bersifat damai dan dapat dipelihara bersama ikan koi, tetapi perlu diingat bahwa mereka kadang-kadang memakan ikan kecil yang tinggal di dekat dasar kolam.

2) Sturgeon Berlian (Acipenser gueldenstaedtii)

7 Jenis Ikan Sturgeon Paling Populer Di Dunia

Ikan sturgeon berlian adalah salah satu spesies ikan sturgeon paling langka dan sangat terancam punah di alam liar.  Ikan ini Berasal dari Eropa Timur, Rusia, Kazakhstan, Iran, dan Azerbaijan. Mereka sangat terancam punah karna sering di tangkap untuk di jual sebagai ikan hias aquarium. spesies dapat dibedakan dengan sisik punggung lateral yang berwarna putih atau krem ​​dengan tubuh yang umumnya berwarna biru tua kehitaman. Sebagai perbandingan, anakan sturgeon berlian juga dapat diebdakan karna hidungnya yang bulat. Ikan besar ini dapat tumbuh sangat cepat dan mencapai panjang 2,3 meter di alam liar.

3) Sturgeon Bintang (Acipenser stellatus)

7 Jenis Ikan Sturgeon Paling Populer Di Dunia

Sturgeon Stellate atau sturgeon bintang memiliki ukuran yang lebih ramping dibandingkan dengan sturgeon berlian. Berasal dari cekungan Laut Hitam, Kaspia, dan Laut Aegea. Spesies ini mirip dengan sturgeon berlian yang membedakannya adalah bagian hidung yang panjang dan tipis serta terdapat 5 sungut pendek yang terletak dekat dengan mulutnya. Tubuhnya berwarna abu-abu gelap kehitaman dan ditutupi oleh deretan sisik berwarna krem ​​di sepanjang daerah punggung, lateral, dan perutnya.  Di alam liar, sturgeon bintang dapat mencapai berat 70 kg dan panjang maksimum 2,2 meter. Di penangkaran, spesies ini jarang melebihi berat 15 kg dan akan dewasa dengan panjang hanya 1,3 – 1,5 meter.

4) Sturgeon Sterlet (Acipenser ruthenus)

7 Jenis Ikan Sturgeon Paling Populer Di Dunia

Ikan Sturgeon Starlet Berasal dari Laut Hitam, Kaspia, Azov, dan Siberia. Ikan ini adalah salah satu stugeon terkecil dari semua spesies sturgeon. Morfologi khas spesies ini kurang menarik dibandingkan dengan sturgeon berlian dan sturgeon bintang, tetapi ada varietas albino yang banyak di buru kolektor. Varietas berpigmen biasanya akan memiliki 11 – 18 sisik punggung yang sedikit lebih pucat daripada bagian tubuh abu-abu gelap hingga hitam lainnya. Sterlet mencapai panjang maksimum 1,2 meter di alam liar, dan sering kali tumbuh hingga hanya 60 cm di penangkaran. Meskipun relatif kecil, sturgeon sterlet dapat memakan waktu hampir satu dekade untuk matang dan dapat hidup hingga 100 tahun.

5) Sturgeon Beluga (Huso huso)

7 Jenis Ikan Sturgeon Paling Populer Di Dunia

Sturgeon beluga Berasal dari cekungan Laut Hitam dan Kaspia. Seperti namanya, sturgeon beluga adalah spesies terbesar dari semua spesies sturgeon. Ikan ini bisa tumbuh hingga panjang 7 meter dan beratnya mencapai 1,65 ton. Berbeda dengan spesies yang tercantum di atas, sturgeon beluga termasuk dalam genus Huso. Yang membedakan Sturgeon dari genus ini adalah membran branchiostegal mereka, yang bergabung bersama dan membentuk flap. Mereka biasanya berwarna biru atau abu-abu dan memiliki punuk bulat yang memanjang di sepanjang punggung mereka. Seperti ikan sturgeon lainnya, beluga diburu di alam liar untuk telurnya, yang dapat dijual hingga US$8.000/kilo!

6) Sturgeon Shovelnose (Scaphirhynchus platorynchus)

7 Jenis Ikan Sturgeon Paling Populer Di Dunia

Ikan sturgeon shovelnose adalah spesies ikan sturgeon berukuran kecil yang berasal dari Amerika Utara, Sering disebut sebagai sturgeon pasir, switchtail, atau hackleback. Jenis mangsa favoritnya adalah larva lalat, cacing, ikan kecil, dan krustasea. Ikan ini memiliki moncong pipih yang ujungnya membulat. moncongnya mengarah ke atas dan terlihat sedikit berbintik-bintik. Daerah dorsal dan lateral shovelnose berwarna coklat muda, membantunya berkamuflase di lingkungan alaminya. Sebaliknya, perut ikan sturgeon ini berwarna putih. Rata-rata, mereka mencapai panjang yang dapat diatur 50 – 85 cm dan cenderung memiliki berat sekitar 2,5 kg di masa dewasa.

7) Sturgeon Putih (Acipenser transmontanus)

7 Jenis Ikan Sturgeon Paling Populer Di Dunia

Sturgeon putih Berasal dari perbatasan Pasifik Timur Amerika Utara. Ikan ini umumnya dipelihara di fasilitas akuakultur dan dijual ke aquarists di AS. Umumnya sturgeon putih biasanya ditemukan di muara besar yang keluar ke samudra Pasifik. Ikan bahkan dikenal karena minyak dan kantung renangnya, yang digunakan untuk menghasilkan isinglass. Sturgeon putih memiliki tubuh silindris memanjang yang bisa mencapai panjang di atas 3 meter dengan berat 630 kg! Ikan ini menggunakan mulutnya yang seperti vakum untuk menghisap mangsa yang kaya protein, seperti cacing yang tinggal di dasar, krustasea, dan larva.

Itulah 7 spesies ikan sturgeon terpopuler semoga bermnfaat

Posting Komentar untuk "7 Jenis Ikan Sturgeon Paling Populer Di Dunia"

The Best Fish You Can Get
The Best Fish You Can Get
The Best Fish You Can Get