Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Dekat Ikan Molly: Perawatan dan Budidaya


Ikan molly sangat populer di kalangan aquarists pemula karena berbagai alasan bagus! Mereka bersifat damai, mudah dirawat, dan mudah berkembang biak seperti Guppies!

Molly juga memiliki beberapa ciri khas unik mereka sendiri; mereka pemakan alga yang tangguh dan termasuk beberapa livebearer terbesar di dunia! Mereka bisa menjadi sedikit lebih sensitif dalam hal kondisi air, terutama yang menyangkut garam.

Namun berbekal informasi dalam panduan ini, bahkan para pemula pun akan menganggap ikan molly sebagai penghuni akuarium yang tangguh dan berumur panjang. Jadi, mari selami dunia ikan molly yang mengasyikkan bersama-sama!

Apa itu Ikan Molly?

Ikan molly adalah beberapa anggota terbesar dari keluarga Poeciliidae! Kelompok ini mencakup beberapa ikan akuarium yang populer, termasuk Guppy (Poecilia reticulata), Platy (Xiphophorus maculatus/variatus) dan Swordtail (Xiphophorus helleri).

Semua ikan ini berasal dari Amerika Utara dan Selatan, di mana mereka cenderung hidup di perairan pantai di mana kondisi garam dan air tawar bercampur. Seperti kerabatnya, ikan molly menyukai air yang keras dan basa dan membutuhkan garam lebih dari yang lain, yang sebagian besar merupakan penghuni air tawar.

Umur Ikan Molly Hitam

Seperti kebanyakan hewan berukuran kecil hingga sedang, ikan molly tidak berumur panjang. 2 hingga 4 tahun adalah kehidupan rata-rata mereka, dengan maximal 5 tahun termasuk sangat lama untuk molly tertua!

Jenis Ikan Molly

Ada tiga jenis utama ikan molly yang kemungkinan besar akan Kalian lihat di toko ikan hias pada. Konon, di alam liar ada beberapa lagi yang hampir tidak pernah dijadikan sebagai ikan pliharaan.

Molly biasa

Ikan molly umum sering dikenal sebagai sphenops molly dalam buku. Tetapi di toko ikan hias, kemungkinan besar Kalian akan menemukan banyak nama umum untuk morf warnanya yang berbeda.

Beberapa warna yang sering terlihat termasuk Gold Dust Molly, Dalmation Molly, Black Molly Fish, dan Orange Molly Fish. Tetapi hal-hal menjadi sedikit rumit di sini karena ikan molly umum sangat erat hubungannya dengan ikan molly sirip layar sehingga mereka memiliki gen yang sama selama bertahun-tahun. Jadi Kalian bisa sering menemukan warna ikan molly yang sama di antara berbagai jenis ikan molly.

Untungnya, masih mudah untuk membedakan mereka karena ikan molly biasa yang sebenarnya tidak pernah memiliki sirip punggung yang memanjang dari Sailfin Molly dewasa. Mereka juga sedikit lebih kecil, jarang tumbuh lebih besar dari 2 inci panjangnya.

Ikan molly biasa juga tidak memiliki masalah hidup di air tawar murni, sesuatu yang sulit dilakukan oleh ikan Sailfin Molly. Namun mereka masih bisa beradaptasi dengan air asin murni seperti ikan Sailfin Molly dan yucatan!

  •     Nama Ilmiah : Poecilia sphenops
  •     Asal: Meksiko
  •     Panjang: 2 inci
  •     Ukuran Akuarium: 20 galon
  •     Kemudahan Perawatan: Mudah

Sailfin Molly

Mengenal Lebih Dekat Ikan Molly: Perawatan dan Budidaya
Sailfin Molly  hampir sama populernya dengan ikan molly biasa berkat ukurannya yang besar dan warnanya yang mencolok. Jantan juga memiliki sirip punggung yang besar dan mencolok yang mereka gunakan untuk mengalahkan saingan dan memikat pasangan.

Sailfin Molly tumbuh besar; betina sangat besar dan panjangnya bisa mencapai 6 inci. Oleh karena itu mereka membutuhkan akuarium yang lebih besar setelah mereka dewasa.

Sailfin Molly sedikit lebih sensitif terhadap kondisi air yang buruk daripada molly biasa. Tetapi yang lebih penting, mereka benar-benar harus memiliki kandungan garam di air akuarium mereka jika mereka ingin merawatnya dengan baik. Semakin banyak Kalian menambahkan, semakin baik, tetapi air tawar murni cenderung berakibat fatal bagi mereka dalam jangka panjang.

  •     Nama Ilmiah: Poecilia latipinna
  •     Asal: AS & Meksiko
  •     Panjang: 4 hingga 6 inci
  •     Ukuran Akuarium: 30+ galon
  •     Kemudahan Perawatan: Menengah

Yucatan Molly

Ikan molly yang paling jarang ditemukan di toko ikan hias adalah yucatan molly. Seperti namanya, kebanyakan ditemukan di sekitar Semenanjung Yucatan di Meksiko selatan. Temppat Itu terlihat hampir identik dengan Sailfin Molly, yang sangat dekat hubungannya.

Namun yucatan molly tumbuh menjadi lebih besar. Jantan dengan mudah mencapai 5 hingga 6 inci sementara betina dapat mencapai 8 inci saat dewasa!

Hampir tidak mungkin untuk membedakan antara ikan sailfin dan ikan yucatan molly. Jika Kalian tidak sepenuhnya yakin, hitung ekstensi sirip punggung pada jantan Kalian. Yucatan molly memiliki hingga 20 jari sirip di sirip punggung. Sailfin mollies, di sisi lain, memiliki 15 atau lebih sedikit jari sirip.

  •     Nama Ilmiah : Poecilia velifera
  •     Asal: Semenanjung Yucatan, Meksiko
  •     Panjang: 6 hingga 8 inci
  •     Ukuran Akuarium: 40+ galon
  •     Kemudahan Perawatan: Menengah

Ikan Molly Balon

Ikan molly balon sedikit istimewa karena bukan spesiesnya sendiri; sebaliknya, molly balon adalah campuran genetik dari berbagai molly umum yang memiliki genetika yang berbeda. Seperti cichlid nuri darah, ia cacat saat lahir dengan tulang belakang, kepala, dan organ lain yang tidak berbentuk yang memengaruhi kemampuannya untuk berenang.

Sementara beberapa orang menganggapnya lucu, saya selalu menyarankan untuk tidak membeli ikan seperti ini karena ikan molly balon, cichlid nuri darah, dan ikan cacat lainnya cenderung memilikie masalah kesehatan yang serius. Mereka juga berenang dengan buruk, memiliki sistem kekebalan yang lemah, dan biasanya mati lebih cepat daripada ikan molly dengan tubuh normal.

Perawatan Ikan Molly

Seperti semua livebearer, ikan molly mudah dirawat dan sangat kuat. Mereka juga merupakan ikan yang paling mudah untuk berkembang biak, membuatnya sangat cocok untuk pemula!

Ukuran Akuarium Ikan Molly

Ukuran akuarium cukup tidak penting selama aquariumnya tidak terlalu kecil. 20 galon adalah ukuran yang cukup untuk pemula karena memungkinkan Kalian untuk memelihara ikan yang sedikit lebih besar, seperti molly! Ingatlah bahwa jika Kalian ingin ikan sailfin atau yucatan molly maka Kalian harus memindahkannya ke ruang hingga 30 atau 40 galon!

Parameter Air untuk Ikan Molly Hitam

Kondisi air untuk ikan molly adalah salah satu area di mana segala sesuatunya bisa menjadi sedikit rumit. Karena molly adalah anggota keluarga livebearer yang paling suka garam. Ikan molly biasa tidak membutuhkan garam dan dapat hidup dengan baik di air tawar.

Sailfin dan yucatan molly benar-benar perlu garam agar bisa melakukannya dengan baik. Tanpa garam akuarium, mereka biasanya akan terkena penyakit oportunistik seperti ich atau berhenti makan dan buang air.

Berapa banyak garam dapat diperdebatkan tetapi saya merekomendasikan satu sendok makan per 5 galon untuk ikan ini. Ini adalah garam yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka tanpa terlalu menekan ikan lain di dalam akuarium yang mungkin sensitif terhadap garam, seperti tetra.

Ikan molly juga merupakan ikan tambahan terbaik untuk tangki ikan air payau yang dapat Kalian temukan dan akan berkembang dalam kondisi ini! Ingatlah bahwa garam tidak menguap dari sistem akuarium setelah Kalian menambahkannya.

Jadi, selalu atasi penguapan dengan air tawar; jangan tambahkan garam ke dalamnya karena garam yang Kalian tambahkan sebelumnya tidak tersisa. Hanya tambahkan lebih banyak garam akuarium untuk mengimbangi yang dihilangkan selama penggantian air.

Kondisi Air Ikan Molly

Selain garam, ikan molly adalah pilihan yang sangat baik karena mereka lebih menyukai air alkali yang keras. Kandungan Kimia air inilah yang biasanya berasal dari keran di sebagian besar negara. Jadi yang perlu Kalian lakukan hanyalah menggunakan deklorinator standar untuk menghilangkan klorin dan kloramin sebelum menggunakannya untuk penggantian air akuarium!

Suhu ikan molly harus berada dalam kisaran 70-78. Tidak terlalu dingin atau terlalu hangat; ingat ikan ini bahkan ditemukan di daerah pesisir Amerika Serikat bagian selatan sehingga mereka tidak perlu disimpan dalam kondisi yang sangat hangat. Ikan molly juga sangat tahan terhadap kadar amonia, nitrit, dan nitrat yang tinggi.

Apa yang Dimakan Ikan Molly?

Ikan molly adalah omnivora yang berarti suka memakan tumbuhan dan hewan.

Tetapi kunci sukses yang sebenarnya adalah mengenali bahwa mereka adalah omnivora sejati, yang berarti mereka membutuhkan keduanya untuk menjadi sehat. Faktanya, banyak aquarists tidak menyadarinya, tetapi molly adalah beberapa ikan pemakan alga terbaik yang dapat Kalian temukan di toko ikan hias.

Saat lapar, mereka akan menghabiskan berjam-jam mematuk daun tanaman yang lebar, gelas akuarium, dan kerikil di tangki Kalian untuk mencari ganggang hijau dan lumut. Mereka tidak hanya menyukai sayuran; mereka juga tidak akan membahayakan tanaman hidup Kalian karena ikan molly tidak memiliki gigi untuk menggigit daun tanaman yang keras.

Variasi adalah kunci dari setiap makanan ikan molly! Suplemen sayuran seperti ganggang siap saji yang kaya protein. Makanan serpihan adalah yang terbaik untuk mereka karena ikan molly yang ompong tidak akan dapat dengan mudah memakan pelet yang belum melunak di dalam air terlebih dahulu.

Saya juga merekomendasikan memberi mereka pilihan makanan beku seperti udang air asin, cacing darah, cacing tubifex, dan daphnia. Karena setiap ikan molly yang dijual berasal dari tangki penangkaran, mereka sangat tidak pilih-pilih dan akan memakannya segera setelah Kalian membawanya ke akuarium baru Kalian!

Budidaya Ikan Molly

Budidaya ikan molly tidak lebih sulit daripada membiakkan ikan guppy, platy, atau hewan ternak lainnya. Faktanya, jika Kalian tidak melihat molly hamil dalam beberapa minggu setelah memilikinya, saya akan khawatir. Jadi mari kita bahas dulu perbedaan ikan molly jantan vs betina!

Ikan Molly Jantan vs Betina

Sexing ikan molly tidak semudah untuk guppy atau swordtails tapi masih tidak terlalu sulit. Satu sisi baiknya adalah banyak ikan molly betina berwarna-warni seperti jantan, terutama debu emas, ikan molly dalmatian, dan ikan molly hitam.

Kuncinya di sini adalah untuk melihat sirip dubur! Pada semua ikan yang hidup, jantan memiliki sirip modifikasi yang digulung. Pada hewan yang hidup ini disebut gonopodium dan berfungsi sama seperti penis pada mamalia jantan: untuk membuahi betina secara internal.

Jika seekor molly dewasa memiliki gonopodium, itu adalah jantan. Jika sirip dubur normal dan berbentuk kipas, itu adalah betina; semudah itu! Juga, pada ikan molly sailfin, hanya jantan yang memiliki sirip punggung yang sangat panjang!

Dan dari segi perilaku, ikan molly jantan cenderung lebih agresif. Mereka menghabiskan lebih banyak waktu mengejar betina.

Bagaimana Ikan Molly kawin?

Molly adalah hewan livebearer sehingga molly jantan perlu memasukkan gonopodiumnya ke dalam rongga tubuh betina. Begitu dia melepaskan spermanya, betina memiliki kemampuan untuk menahannya untuk waktu yang lama.

Inilah sebabnya mengapa Kalian mungkin melihat ikan molly hamil bahkan jika Kalian hanya memiliki satu betina; dia hamil di toko ikan hias tetapi baru sekarang berkembang biak beberapa bulan kemudian! Perkawinan itu sendiri sangat singkat sehingga Kalian mungkin tidak akan melihat inseminasi yang sebenarnya terjadi.

Tapi begitu itu terjadi, betina secara bertahap akan mulai membengkak saat bayinya berkembang di dalam dirinya!

Merawat Ikan Molly yang Hamil

Setelah Kalian memiliki ikan molly yang hamil, tidak banyak yang perlu Kalian lakukan. Cukup berikan dia kehangatan, makanan enak, dan air bersih. Seperti kebanyakan ikan yang hidup, molly juga dapat menunjukkan tempat gravid yang terlihat saat kehamilan berlanjut!

Gravid spot adalah bercak gelap yang merupakan dinding ovarium yang menonjol melalui kulit tipis ikan molly yang hamil. Karena molly memiliki warna yang lebih dalam daripada kebanyakan livebearer lainnya, Kalian mungkin tidak melihat ini pada molly yang sedang hamil.

Berapa Lama Ikan Molly Hamil?

Perut molly betina akan menjadi jauh lebih besar selama beberapa minggu. Biasanya dibutuhkan 21 hingga 28 hari agar bayi ikan molly cukup berkembang untuk melahirkannya.

Apakah Ikan Molly Memakan Bayinya?

Sayangnya, semua jenis livebearer terkenal suka memakan bayinya hanya dalam beberapa jam setelah lahir, dan ikan molly tidak terkecuali. Segera selama dan setelah melahirkan, betina tidak akan mencoba memakan benihnya terlebih dahulu.

Tapi akhirnya isyarat keibuan ini mati karena tidak seperti kita mamalia, ikan molly sama sekali tidak merawat anak mereka. Burayak lahir dan kemudian harus berjuang sendiri.

Tapi di akuarium, ikan molly yang baru lahir akhirnya ditemukan oleh orang tua mereka yang selalu lapar, yang dengan senang hati akan memakannya seperti mangsa kecil lainnya. Jadi Kalian harus proaktif dengan memindahkan ikan molly yang sedang hamil ke wadah penangkaran atau dengan menangkap bayi ikan molly segera setelah lahir.

Merawat Bayi Ikan Molly

Jika ini pertama kalinya Kalian harus memelihara bayi ikan, maka Kalian beruntung! Alasan mengapa induk semang melahirkan anakan daripada telur molly adalah karena ini memungkinkan anak-anaknya dilahirkan pada fase yang lebih besar dan lebih berkembang.

Burayak molly cukup besar. Ini membuatnya mudah untuk memberi mereka makanan yang lebih besar, yang lebih mudah ditemukan oleh aquarists. Mereka menyukai mangsa hidup untuk memulai, jadi cobalah memelihara artemia, jika Kalian bisa. Seiring waktu, Kalian dapat mentransisikannya ke makanan serpihan yang dihancurkan dengan tangan. Bayi ikan molly Kalian juga akan menemukan ganggang, infusoria, dan kehidupan air lainnya untuk dimakan.