Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Dekat Ikan Gurami Mutiara! Perawatan, Pemberian Makan, dan Budidaya

Gurami mutiara adalah salah satu jenis dalam keluarga ikan gurami. Jenis Ini termasuk ikan cupang, ikan paradise, dan banyak hewan peliharaan akuarium populer lainnya yang mungkin tidak kalian sadari saling terkait.

Sebagai ikan labirin, cupang dan gurami memiliki kemampuan untuk menghirup udara, membantu mereka berkembang bahkan dalam kondisi air yang buruk. Itu hanya salah satu dari banyak alasan mengapa gurami mutiara yang indah sangat digemari!

Profil Gurami Mutiara

Ada banyak jenis gurami di luar sana. Mereka adalah salah satu yang paling beragam dan indah dari ikan akuarium air tawar yang umum tersedia yang akan kalian lihat di toko ikan hias. Namun ikan ini cukup populer sehingga layak untuk memiliki panduan perawatan untuk dirinya sendiri. Gurami mutiara adalah anggota gurami yang berukuran rata-rata lebih besar dari genus Trichopodus, kelompok yang juga mencakup jenis gurami kulit ular, sinar bulan, dan gurami biru.

Semua ini telah menjadi bagian dari hobi akuarium selama beberapa dekade sekarang. Namun mereka berasal dari Asia Tenggara; khususnya Thailand, Malaysia, dan Indonesia dalam kasus gurami mutiara.

Banyak gurami cenderung menjadi semi-agresif saat dewasa, terutama jenis yang lebih besar. Tapi gurami mutiara adalah yang paling damai. Yang beruntung karena juga salah satu yang paling indah berwarna. Sangat mudah untuk melihat bagaimana ia mendapatkan nama umum lainnya dari gurami renda dan gurami mosaik!

Gurami mutiara tidak hanya mudah dipelihara meskipun penampilannya halus; mereka juga gurami yang sangat mudah untuk berkembang biak! Jadi apa yang perlu diketahui tentang perawatan gurami mutiara?

  •     Nama Umum: Gurami Mutiara, Gurami Renda, Gurami Mosaik, Gurami Mutiara Emas, Gurami Mutiara Biru
  •     Nama Ilmiah: Trichopodus leerii
  •     Asal: Asia Tenggara
  •     Panjang: 4 hingga 5 inci
  •     Ukuran Akuarium: 30+ galon
  •     Temperamen: Damai
  •     Kemudahan Perawatan: Mudah

Ukuran Tangki Gurami Mutiara

Mengingat betapa mudahnya mengelola ukuran gurami mutiara, Kalian tidak memerlukan tangki yang sangat besar untuk ikan ini. Namun Kalian juga tidak ingin memilih akuarium yang terlalu kecil. Sayangnya, pengaturan 10 dan 20 galon terlalu kecil untuk ukuran tangki gurami mutiara. Kalian harus mencari setidaknya tangki 30 galon untuk satu atau dua gurami mutiara, dengan yang lebih besar lebih baik bila memungkinkan.

Ukuran Gurami Mutiara

Gurami mutiara dewasa akan memiliki panjang sekitar 4 hingga 5 inci. Mereka adalah ikan akuarium berukuran sedang; tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil!

Umur Ikan Gurami Mutiara

Seperti banyak ikan akuarium, gurami mutiara akan hidup selama beberapa tahun. Tapi mereka tidak berumur panjang seperti pacus, ikan mas, dan ikan pemegang rekor lainnya. Rata-rata umur gurami mutiara adalah sekitar 4 sampai 6 tahun. Kalian mungkin memiliki ikan langka yang berumur 8 tahun tetapi itu sangat tidak terduga.

Kondisi Air untuk Gurami Mutiara

Gurami mutiara berasal dari Asia Tenggara, yang memberi kita petunjuk penting tentang kondisi air yang mereka sukai. Seperti kebanyakan ikan dari wilayah ini, mereka ditemukan di air yang sangat hangat dan asam yang biasanya lembut dalam hal kimia. PH 5,5 (asam) hingga 7,0 (netral) adalah yang terbaik untuk mereka.

Mereka telah dibesarkan di tangki selama bertahun-tahun sehingga mereka juga akan berkembang bahkan dalam air alkali (7.0+). Tetapi mereka memiliki kesehatan yang lebih baik, warna yang lebih baik, dan lebih mungkin berkembang biak dalam kondisi air yang lembut dan asam. Bahkan sedikit perubahan ke arah keasaman dapat membantu, seperti dengan menambahkan kayu apung, gambut, dan sumber tanin tanaman lainnya ke akuarium Kalian!

Gurami mutiara tidak terlalu sensitif terhadap amonia, nitrit, atau nitrat. Namun mereka tidak boleh menjadi ikan pertama yang Kalian tambahkan ke tangki ikan yang baru disiapkan.

Seperti semua ikan labirin (cupang and gurami) gurami mutiara dapat menghirup udara atmosfer menggunakan organ labirinnya. Ini adalah struktur insang yang dimodifikasi yang bekerja seperti paru-paru primitif. Karena gurami hidup dalam kondisi air yang dangkal dan panas, kadar oksigen terlarut sering kali menjadi sangat rendah.

Namun, ini adalah kondisi air yang sama dimana larva serangga, sumber makanan favorit, cenderung ditemukan. Jadi gurami dan cupang beradaptasi untuk berkembang di badan air ini!

Meskipun Kalian tidak boleh menghilangkan oksigen dari tangki ikan Kalian, Kalian harus menjaga air tetap hangat untuk semua gurami, termasuk gurami mutiara. Suhu 75-82 sangat cocok untuk mereka. Dan jika Kalian ingin merangsang sepasang gurami mutiara untuk berkembang biak, menaikkan suhu lebih jauh ke sekitar 84-86 dapat membantu memindahkan segalanya!

Memberi Makan Ikan Gurami Mutiara

Gurami mutiara sama sekali tidak sulit untuk diberi makan selama Kalian memilih makanan yang cocok untuk mulutnya yang mungil. Ikan gurami pada umumnya mengalami kesulitan dengan pelet sedang dan besar dan mereka ompong sehingga mereka tidak bisa begitu saja memisahkannya.

Oleh karena itu, makanan siap saji sebagian besar harus berupa serpihan dan pelet dengan ukuran yang tepat untuk mereka. Merendam pelet apa pun dalam air juga merupakan ide yang bagus jika pelet sudah keras sejak dikeluarkan dari kaleng.

Gurami mutiara adalah ikan karnivora, sebagian besar memakan larva serangga, cacing, krustasea air, dan invertebrata kecil lainnya yang mereka temukan di antara semak-semak tanaman.

Teman Tangki Ikan Gurami Mutiara

Memilih teman tangki gurami mutiara adalah urusan yang cukup mudah karena ikan ini cenderung rukun dengan sebagian besar ikan akuarium lainnya. Beberapa spesies gurami, seperti gurami biru dan kissing gurami, terkadang bersifat teritorial atau agresif. Tapi gurami mutiara sangat santun dan cenderung menyendiri.

Satu-satunya saat Kalian mungkin melihat beberapa agresi adalah jika Kalian memiliki gurami mutiara jantan dan betina atau lebih dari satu jantan. Gurami mutiara jantan dapat berkelahi satu sama lain. Seekor jantan juga dapat mengejar betina dengan penuh semangat dan mereka juga mempertahankan area di sekitar sarang gelembung mereka sebelum dan sesudah pemijahan. Tetapi sebaliknya, tangki komunitas gurami mutiara adalah tempat yang damai dan bahagia untuk setiap ikan!

Lebih penting untuk berhati-hati terhadap teman tangki gurami mutiara yang mungkin berada di sisi yang lebih agresif. Cichlids harus ditambahkan dengan sangat hati-hati karena bentuknya terlalu mirip dengan gurami.

 

Cichlid yang agresif mungkin memutuskan untuk memperlakukan gurami seperti pesaing. Dan tidak seperti gurami, cichlid memiliki bibir dan gigi yang tebal yang dapat menyebabkan kerusakan pada teman akuariumnya. Cichlid kerdil, di sisi lain, menjadi teman yang baik karena mereka jauh lebih kecil dan warnanya sangat berbeda.

Ikan komunitas kecil juga cocok, termasuk tetra, danios, rasboras, dan livebearer. Perhatikan kualitas air yang berbeda yang dibutuhkan beberapa ikan ini. Kebanyakan tetra, misalnya, menyukai kondisi hangat dan asam yang sama seperti gurami mutiara.

Tetapi banyak danio lebih menyukai air yang lebih dingin dan hewan yang hidup sering kali menyukai kondisi basa. Tetapi jika Kalian berhasil menjaga agar kondisi mendekati pH 7,0 (netral) maka Kalian dapat menampung hampir semua ikan ini bersama-sama!

Gurami mutiara sebagian besar aman untuk invertebrata. Mereka tidak akan menganiaya udang dewasa, meskipun gurami mutiara dewasa mungkin mencoba dan memilih udang kerdil. Siput dan invertebrata lainnya juga tidak akan diganggu oleh mereka.

Teman Tangki Gurami Mutiara yang Baik:

    Tetras, Danios, Livebearer, Angelfish, Killifish, dan Ikan Komunitas lainnya

    cichlid kerdil

    Corydoras, Otocinclus, Plecostomus, dan Penghuni Bawah lainnya

    Udang, Siput, dan Invertebrata lainnya

    Gurami lainnya (dengan hati-hati)

Budidaya Ikan Gurami Mutiara

Jenis Kelamin Gurami Mutiara Jantan dan Betina

Apakah gurami mutiara Kalian jantan atau betina? Ketika mereka masih muda, akan sangat sulit untuk membedakannya karena mereka semua memiliki warna keperakan yang sama ketika panjangnya hanya 1 atau 2 inci.

Tetapi ketika gurami mutiara Kalian mencapai kematangan seksual, perbedaannya menjadi sangat jelas. Bahkan ketika belum siap untuk berkembang biak, pejantan memiliki dada dan perut berwarna kuning, oranye, atau merah. Seluruh gurami mutiara betina akan sering memiliki warna oranye atau merah di sepanjang sirip duburnya, perutnya hampir selalu berwarna perak. Dia juga akan cenderung sedikit montok sepanjang waktu.

Gurami mutiara jantan juga memiliki ekstensi sirip di sepanjang sirip dubur dan sering kali memiliki sedikit warna biru, hijau, atau ungu di sepanjang sisinya. Wanita dapat memiliki beberapa warna ini juga tetapi tidak pernah seterang pria.

Pemijahan gurami mutiara dan merawat benihnya sedikit lebih sulit daripada beberapa ikan akuarium lainnya. Pemijahannya mudah tetapi burayaknya sangat kecil. Terlalu kecil untuk memakan nauplii udang air asin, sebenarnya. Sebagai gantinya, Kalian perlu memberi mereka infusoria untuk minggu pertama mereka.

Infusoria adalah nama generik untuk berbagai kehidupan planktonik air yang tumbuh di mana-mana filter tidak dipasang. Karena akuarium Kalian kemungkinan memiliki filter, Kalian perlu menetaskan infusoria sendiri menggunakan panduan yang ada di blog ini!

Setelah benih berkembang menjadi udang air asin dan makanan serpihan yang dihancurkan, cukup jaga agar benih tetap bersih dan diberi makan dengan baik di tangki pemeliharaan benihnya sendiri. Sementara gurami mutiara jantan akan memberikan perawatan selama beberapa hari pertama, ikan lainnya pada akhirnya akan memakan benih yang meninggalkan sarang dan mencoba untuk mencari makan sendiri.

 

Berapa Banyak Gurami Mutiara yang Harus Dipelihara?

Gurami mutiara agak sosial sehingga memelihara setidaknya satu jantan dan satu betina bersama adalah ide yang bagus. Tetapi jika Kalian hanya memiliki ruang untuk satu di tangki komunitas dengan ikan lain, gurami mutiara Kalian tidak akan stres secara signifikan. Di alam liar mereka biasanya hanya berkumpul untuk tujuan berkembang biak.

Apakah Pearl Gouramis/ Gurami Mutiara Agresif?

Gurami mutiara adalah salah satu gurami paling damai. Kadang-kadang jantan akan berkelahi satu sama lain, terutama jika ada betina di dalam tangki. Tapi mereka tidak pernah mengeluarkan agresi mereka pada ikan lain, mereka juga tidak biasanya melakukan kerusakan satu sama lain saat sparring.

Apakah Pearl Gouramis/ Gurami Mutiara Perlu Berpasangan?

Gurami mutiara tidak perlu dipelihara berpasangan. Tapi itu pasti ide yang bagus! Gurami mutiara jantan dan betina akan terlibat satu sama lain, yang selalu menarik. Dan Kalian akan melihat warna yang jauh lebih baik dari jantan ketika dia memiliki betina untuk kawin!