Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Secara Singkat Ikan Aligator Gar Predator Favorit Aquarist

 

Alligator gar adalah spesies ikan terbesar dalam keluarga gar. Mereka juga salah satu spesies air tawar terbesar di Amerika Utara. Bukti fosil menunjukkan bahwa spesies ini telah ada selama hampir 100 juta tahun. Karena mereka telah mempertahankan karakteristik morfologi nenek moyang mereka, mereka disebut sebagai fosil hidup atau ikan primitif. Ciri-cirinya adalah kemampuan bernafas dalam air dan udara serta bentuk usus katup spiral yang mirip dengan ikan hiu. 

Pada tahun 1803, Lacepede pertama kali mendeskripsikan ikan aligator gars. Spesies ini awalnya disebut spatula Lepisosteus, yang kemudian diubah menjadi nama saat ini oleh E. O. Wiley. Lepisosteus adalah derivasi dari istilah Yunani lepis yang berarti 'skala,' dan osteon yang berarti 'tulang.' Ada tiga spesies gar yang diakui dalam genus Atractosteus. Nama umum gar sebelumnya digunakan untuk spesies ikan jarum iya ikan jarum coba cek di google kaya gimana itu ikan jarum, dan gar diterjemahkan menjadi 'tombak.'

Kenapa Dianamakan aligator gar?

Alligator gar mendapatkan nama mereka karena penampilannya yang seperti aligator dengan gigi tajam dan kepala lebar. Istilah gar adalah istilah berdasarkan bahasa Anglo-Saxon yang berarti 'tombak' atau 'paku.' (Anglo-Saxon adalah kelompok yang ada di Inggris sejak abad ke 5 masehi. Sebutan ini dapat disederhanakan, Anglo-Saxon merupakan negara-negara yang termasuk Britania Raya dan negara-negara lainnya di kepulauan Britania. Anglo Saxon merupakan negara-negara berbudaya khas dan berbeda sejarah sosial budaya dengan negara-negara di daratan eropa barat lainnya yang disebut kontinental. Britania Raya, Irlandia, Amerika Serikat, dan Australia adalah negara-negara yang disebut sebagai Anglo-Saxon).

Seperti Apa Rupa Aligator Gar?

Alligator gar adalah jenis yang terbesar dari tujuh spesies gar lainnya yang diketahui di Amerika Utara. Tubuh aligator gar berbentuk torpedo dengan kepala lebar. Alligator gar memiliki permukaan punggung berwarna coklat hingga hijau keabu-abuan dan permukaan perut berwarna putih atau kuning. Permukaan punggung memiliki bintik-bintik coklat. Tubuhnya ramping dan panjang dengan gigi tajam di rahangnya yang kuat. Ekor gar heterocercal dan matanya kecil. Kandung kemih renang dapat berfungsi sebagai paru-paru. Gars ini memiliki moncong yang lebar dan pendek dan rahang atas mereka memiliki dua baris gigi yang membantu mereka sebagai predator. Sirip dubur dan sirip punggung terletak di bagian belakang tubuh mereka dan sirip ekor tidak simetris. Spesies ini memiliki sisik yang berbeda yang disebut sisik ganoid, yang berbentuk seperti belah ketupat. Alligator gars adalah predator penyergap dan relatif pasif.

Dimana Aligator Gar Tinggal?

Persebaran habitat spesies alligator gar meluas di Amerika Serikat Selatan. Distribusi ikan ini terjadi di selatan dekat Pantai Teluk Texas dan ke Tamaulipas melalui Veracruz utara, Meksiko. Populasi aligator gar terbesar ini biasanya terlihat membelah permukaan di rawa-rawa berair payau, waduk, dan teluk. Catatan sejarah alam ikan ini menyatakan bahwa ikan-ikan ini menempati wilayah utara sejauh Ohio, Nebraska, Kansas, Iowa, dan barat-tengah Illinois, di mana populasi aligator gar telah punah. Spesies alligator gar (gator) hidup dalam kelompok besar.

Berapa Lama Aligator Gar Hidup?

Umur rata-rata aligator gar (gator) adalah 10-30 tahun. Namun, gar yang memiliki tubuh lebih panjang bisa hidup hingga 50 tahun.

Seberapa Besar Aligator Gar?

 

Kisaran ukuran gar aligator raksasa adalah 1,8-3 m. Sedangkan  Jenis Gar hidung panjang memiliki ukuran 1,9 m, membuatnya lebih kecil ukurannya daripada gar aligator.

Seberapa Cepat Seekor Aligator Bisa Berenang?

Alligator gar cepat dan bisa berenang hingga 17,7 kph.

Berapa Berat Aligator Gar?

Alligator gar memiliki berat lebih dari 45 kg. Penangkapan Alligator gar terbesar yang menggunakan teknik rod and reel catch adalah alligator gar Texas dengan berat 127 kg. Spesies ini hampir 10 kali lebih berat daripada gar berbintik.

Apa Yang Mereka Makan?

Alligator gar adalah karnivora. Karena ikan ini adalah predator penyergap, aligator gar menyerang mangsanya dengan cepat. Metode penyergapan adalah dengan mengapung beberapa meter di bawah permukaan dan menunggu mangsanya. Mereka kemudian menerjang ke depan dengan gerakan menyapu dan meraih mangsanya, menusuk mangsanya dengan giginya. Ikan ini memakan ikan, kura-kura, bebek, bangkai, dan mamalia kecil.

Apakah Mereka Berbahaya?

Spesies ikan gar ini adalah predator penyergap. Alligator gar menggigit atau mencubit manusia ketika terancam tetapi tidak banyak catatan tentang hal ini. Namun, beberapa serangan alligator gar tidak dicatat.

Apakah Mereka Akan Menjadi Hewan Peliharaan Yang Baik?

Ya, Anda bisa memelihara spesies gar ini sebagai hewan peliharaan. Namun, mereka membutuhkan akuarium dengan ukuran yang besar. Mereka disimpan di kebun binatang dan akuarium umum. Juga ilegal di beberapa tempat untuk memelihara spesies ini sebagai hewan peliharaan.

Bagaimana Mereka Bereproduksi?

Alligator gar berumur panjang, sehingga mereka mencapai kematangan seksual pada tahap selanjutnya. Beberapa betina dewasa mencapai kematangan seksual hanya setelah satu dekade kehidupan mereka dan jantan dewasa dalam setengah periode itu. Pemijahan efektif dengan kondisi yang tepat. Dengan meningkatnya suhu air, penyinaran, dan penggenangan hingga pemijahan rigger, persiapan dimulai pada musim semi. Ketika sungai-sungai besar naik dan menyebar melintasi dataran banjir (Dataran banjir atau dataran dasar adalah wilayah daratan yang berbatasan dengan sungai yang membentang dari tepi salurannya hingga dasar dinding lembah yang menutupinya, dan digenangi luapan air sungai saat periode debit sungai tinggi), hal ini menciptakan luapan lembu, danau, dan menenggelamkan vegetasi darat, kondisi ini menyediakan jangkauan habitat yang kaya nutrisi dan perlindungan bagi burayak gar. Spesies gar pindah ke perairan dangkal yang dipenuhi gulma dan berumput untuk bertelur setelah suhu sekitar 20-28 C. Ketika jantan berkumpul di sekitar betina gravid, pemijahan dimulai. Jantan memutar, menggoyangkan, meluncur dan menabrak betina karena memicu pelepasan telur. Betina melepaskan rata-rata 150.000 telur per musim pemijahan. Telurnya berwarna merah cerah dan beracun bagi manusia. Produksi telur ikan air tawar ini bervariasi dan tergantung pada ukuran aligator gar betina. Saat telur dilepaskan ke kolom air, pejantan melepaskan banyak sperma untuk membuahi telur. Telur lengket dan menempel pada vegetasi yang terendam. Hanya dalam beberapa hari telur gar menetas dan memakan kantung kuning telur. Setelah kantung kuning telur ini kosong, kebutuhan untuk mulai bergerak sebagai benih muda. Biasanya sebuah danau hanya dapat menampung beberapa aligator dewasa atau anakan, banyak gar muda menjadi mangsa ikan lain.

Apa Status Konservasi Mereka?

Status konservasi aligator gar dievaluasi sebagai Least Concern. Ikan air tawar ini menghadapi ancaman penangkapan yang berlebihan. Spesies gar ini telah kehilangan habitatnya di banyak daerah akibat penyaluran dan pembangunan bendungan.