Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Secara Mendalam Tentang Ikan Gurami Madu

Mengenal Secara Mendalam Tentang Ikan Gurami Madu

Gurami madu sedikit kurang populer daripada banyak jenis gurami lain di luar sana. Cukup disayangkan karena ikan-ikan kecil ini memiliki begitu banyak keindahan yang ditawarkan untuk penghobi yang suka dengan ikan berwarna cerah.

Gurami kerdil sedikit lebih populer karena warna biru dan merahnya yang kontras benar-benar menarik perhatian Kalian. Namun, gurami madu layak untuk dilihat karena mereka bahkan lebih kerdil daripada gurami kerdil!

Dalam pembhasan perawatan mendalam kali ini, kita akan melihat secara spesifik perawatan gurami madu. Dari memberi makan dan memilih teman akuarium hingga merawat telur gurami madu. Seperti semua spesies gurami, gurami madu adalah ikan labirin. Ia memiliki kemampuan untuk menghirup udara sebagian, kegiatan yang hanya bisa dilakukan oleh beberapa spesies ikan.

Profil Spesies Gurami Madu

Pernah melihat cupang atau gurami muncul ke permukaan dan meneguknya? dia tidak mencoba untuk makan tapi ikan Kalian sedang menyegarkan udara yang ada di organ labirinnya.

Di alam liar, gurami madu hidup di perairan yang dangkal, panas, dan tergenang. Tempat-tempat ini adalah tempat di mana hanya sedikit ikan yang dapat hidup karena kadar oksigen sangat rendah dan panasnya terlalu tinggi.

Tapi seperti yang mungkin sudah Kalian ketahui, jentik nyamuk dan serangga air lainnya cenderung berkembang biak di tempat tanpa ikan ini. Gurami dan cupang mengembangkan kemampuan untuk melengkapi insang mereka dengan kemampuan untuk menghirup udara atmosfer sehingga mereka dapat menangkap larva serangga yang biasanya tidak dapat ditangkap oleh ikan lain.

Karena mereka sering ditemukan di perairan yang miskin oksigen dan tercemar, gurami dan cupang adalah penghuni akuarium yang sangat tangguh. Gurami madu bukan pemakan yang pilih-pilih dan mereka cenderung sangat damai terhadap teman aquarium mereka.

Kalian bahkan dapat melihat sarang gelembung gurami madu sesekali jika gurami madu jantan dan betina Kalian ingin bertelur! Seperti semua cupang dan gurami, gurami madu adalah orang tua yang baik. Mereka membangun sarang gelembung untuk memberikan perlindungan telur dan benih mereka dan tempat untuk berkembang!

    Nama Lebih Umum: Gurami Madu Matahari Terbenam, Gurami Madu Merah, Gurami Madu Emas

    Nama Ilmiah: Trichogaster chuna

    Asal: Asia Selatan (India, Sri Lanka, Bangladesh)

    Panjang: 1½ hingga 2 inci

    Ukuran Akuarium: 10+ galon

    Temperamen: Damai

    Kemudahan Perawatan: Mudah

Jenis Ikan Gurami Kurcaci Madu

Seperti ikan akuarium lainnya, gurami madu emas hadir dalam beberapa morf warna. Jika Kalian tidak begitu tertarik dengan pola warna tipe liar, mungkin kalian akan tertarik membeli gurami madu yang dibiakkan untuk warna merah dan kuning yang lebih cerah!

Gurami Madu Matahari Terbenam / Sunset Gurami

Mengenal Secara Mendalam Tentang Ikan Gurami Madu

Salah satu varietas yang paling populer adalah gurami madu matahari terbenam. Karena beberapa aquarists ingin melihat warna kuning yang lebih cerah, varietas ini dibiakkan untuk menghilangkan warna cokelat dan perut hitam gurami madu liar.

Sebaliknya mereka berwarna kuning dan oranye yang kaya di seluruh, kadang-kadang dengan nada merah. Jantan mungkin memiliki jumlah perak yang bervariasi di perut mereka dan mungkin atau mungkin tidak memiliki sirip punggung biru. Betina selalu memiliki warna perak dan sedikit kurang kaya warna dibandingkan jantan.

Gurami Madu Merah

Mengenal Secara Mendalam Tentang Ikan Gurami Madu

Penampilan gurami kerdil madu merah sangat berbeda dari gurami madu standar. Ia tidak memiliki pita hitam seperti gurami jantan dewasa. Pola butterscotch emas juga tidak terlihat.

Sebaliknya, gurami madu merah berwarna merah menyala, dari perut hingga punggung! Bahkan ketika tidak berkembang biak, mereka adalah beberapa ikan yang paling berwarna di dalam tangki. Jantan biasanya juga memiliki sirip punggung berwarna biru cerah.

Ikan gurami madu merah betina seringkali juga sangat cerah, yang tidak biasa untuk gurami. Namun mereka memiliki lebih banyak perak di sepanjang punggung dan perut mereka.

Gurami Madu Emas

Mengenal Secara Mendalam Tentang Ikan Gurami Madu

Terakhir gurami madu emas, yang sebenarnya hanyalah nama lain untuk gurami madu matahari terbenam. Juga dikenal sebagai gurami madu emas, gurami madu emas memiliki penampilan dan perawatan yang identik dengan gurami kerdil madu lainnya untuk dijual yang Kalian temui!

Perawatan Gurami Madu

Sekarang kita tahu bahwa Kalian dapat membeli gurami madu dari berbagai varietas, sekarang saatnya untuk berbicara tentang seluk-beluk perawatan gurami madu! Bagaimana kita menjaga gurami madu tetap hidup sebagai penghuni akuarium jangka panjang?

Ukuran gurami madu

Apa yang membuat ikan gurami madu begitu luar biasa adalah ukurannya yang mudah diatur! Banyak jenis gurami cenderung menjadi sangat besar. Gurami mutiara dapat tumbuh 4 hingga 6 inci; gurami biru bisa melebihi panjang ini. Kissing Gurami tumbuh sepanjang 10 hingga 12 inci dan gurami raksasa bisa lebih panjang dari 24 inci!

Ukuran gurami madu, di sisi lain, menunjukkan bahwa mereka benar-benar cebol di dunia gurami! Dengan ukuran maksimal 1 hingga 2 inci mereka adalah salah satu jenis gurami terkecil. Hanya beberapa spesies gurami lain, seperti gurami mutiara (Trichopsis pumila) dan gurami coklat (Sphaerichthys osphromenoides) lebih kecil.

Ukuran Tangki Gurami Madu

Karena ukuran gurami madu sangat kecil, ini berarti Kalian dapat memeliharanya di akuarium yang sangat mudah diatur untuk pemula!

Bahkan akuarium sekecil 10 galon dapat digunakan untuk sepasang gurami madu merah! Pastikan Kalian tidak menambahkan terlalu banyak teman akuarium lain ke akuarium kecil. Aturan "satu inci per galon" agak ketinggalan zaman karena tidak memperhitungkan fakta bahwa ikan yang lebih besar memiliki massa tubuh yang jauh lebih banyak daripada ikan yang lebih kecil. 10 Tetra neon 1 inci tidak sama dengan satu oscar 10 inci.

Berapa Lama Gouramis Madu Hidup?

Jadi berapa lama gurami madu hidup? 5 hingga 8 tahun adalah umur rata-rata untuk ikan akuarium yang lebih kecil ini. Faktanya, itu sedikit lebih panjang dari ikan lain seukurannya; sebagian besar ikan peliharaan kecil seperti ikan cupang hidup antara 2 dan 4 tahun!

Apakah Gurami Madu Makan Tumbuhan?

Gurami madu adalah beberapa ikan yang paling aman untuk tanaman di dunia akuarium. Karena gurami madu adalah ikan karnivora, satu-satunya kebutuhan yang mereka miliki untuk tanaman adalah tempat untuk bersembunyi dan membangun sarang gelembung mereka.

Kadang-kadang Kalian mungkin melihat gurami madu memetik tanaman tetapi hanya karena penasaran. Bahkan tanaman yang lebih lembut tidak akan dimakan oleh mereka.

Bahkan, kita merekomendasikan untuk menyimpan tanaman hidup di tangki ikan gurami madu Kalian. Tumbuhan hidup menyediakan oksigen dengan mengeluarkan karbon dioksida dari sistem selama fotosintesis. Gurami madu menghirup oksigen dari udara tetapi ini membantu ikan lain yang lebih sensitif terhadap kadar oksigen rendah dan membutuhkan aerasi ekstra.

Tanaman juga menyedot amonia, nitrit, nitrat, dan produk limbah nitrogen lainnya. Sementara ikan menganggap ini beracun, tanaman menyukai senyawa ini untuk digunakan sebagai pupuk! Setelah Kalian memangkas pertumbuhan berlebih, Kalian secara efektif menghilangkan senyawa beracun dari akuarium!

Kondisi Air untuk Gurami Madu

Saat menyiapkan akuarium untuk gurami madu merah, Kalian harus mengetahui parameter air yang disukainya. Seperti semua gurami, mereka berasal dari air yang sangat hangat dan asam. Meskipun hampir semua gurami madu dikembangbiakkan dan dengan demikian toleran terhadap kondisi basa, mereka masih sangat menyukainya jika Kalian dapat menyediakan bahan kimia air yang lebih dekat dengan perairan rumah mereka.

pH 5,0-7,0 akan menghasilkan warna, kesehatan, dan nafsu makan yang meningkat secara dramatis. Dan jika Kalian ingin membiakkan gurami madu jantan dan betina Kalian, maka tidak ada pengganti untuk kondisi air yang tepat.

Gurami madu bisa sedikit lebih sensitif terhadap kadar amonia yang tinggi dibandingkan jenis gurami lainnya. Jadi, tambahkan saja ke tangki siklus penuh dengan sistem filtrasi biologis yang aktif dan matang.

Suhu air hangat juga sangat penting; menjaga gurami kerdil madu terlalu dingin adalah alasan utama mengapa ikan ini sakit dan mati. Suhu air harus tetap antara 75-82.

Dan jika Kalian ingin mendorong pasangan gurami madu emas untuk bertelur, meningkatkan suhu hingga 84 adalah cara terbaik untuk melakukannya!

Karena gurami kerdil madu adalah ikan air tawar sejati, penambahan garam akuarium tidak diperlukan. Simpan untuk setup akuarium air payau saja!

Penyakit Gurami Madu

Gurami secara keseluruhan cukup keras dan jarang sakit. Namun terkadang Kalian mungkin menemukan penyakit gurami madu yang timbul. Seperti semua ikan, mereka terkadang terkena penyakit.

Gurami sangat rentan terhadap penyakit ich jika ikan lain di akuarium Kalian terkena penyakit tersebut. Ini karena ich lebih mudah menginfeksi ikan dengan sisik yang lebih kecil atau lebih tipis.

Karena sisik gurami madu mudah ditembus, infeksi ich bisa berlangsung sangat lama! Jika Kalian melihat tanda-tanda (bintik-bintik putih seukuran kristal garam), kita sarankan untuk memindahkan gurami madu Kalian ke akuarium karantina sesegera mungkin.

Dengan melakukan ini, Kalian dapat membantu mengendalikan penyakit gurami madu dengan mengatur suhu secara efektif. Kalian juga dapat menambahkan obat tanpa menyakiti ikan atau invertebrata Kalian yang lain!

Teman Aquarium Gurami Madu

Memilih pasangan tangki gurami madu harus dilakukan dengan hati-hati. Bukan karena ikan ini sama sekali agresif.

Tapi kami tidak ingin memelihara mereka dengan ikan yang mungkin mereka anggap terlalu menakutkan. Ikan besar yang bergerak cepat dapat menakuti gurami kerdil madu, bahkan jika mereka damai. Jadi hindari danio raksasa, killifish besar, dan teman akuarium yang riuh lainnya.

Sebagai gantinya, pilih ikan nano dan ikan kecil yang berukuran sama atau lebih kecil dari pasangan gurami madu Kalian. Kandidat yang baik termasuk neon tetra, rasbora harlequin, duri ceri, dan ikan komunitas air lunak lainnya. Kebanyakan tetra adalah teman akuarium yang sangat baik selama mereka bukan spesies yang menggigit sirip seperti black skirt tetras. Ikan hidup seperti guppy, platy, dan swordtail juga bisa digunakan. Perlu diketahui bahwa banyak livebearer lebih menyukai kondisi air alkali yang keras (pH 7,0+).

Bisakah Kita Memelihara Gurami Madu dengan Cupang?

Cupang dan gurami madu matahari terbenam dapat dipelihara bersama selama Kalian berhati-hati dengan cupang Kalian. Beberapa sangat damai sementara yang lain mengejar teman tangki yang mereka miliki.

Karena gurami madu memiliki warna yang mirip dengan banyak cupang, berhati-hatilah saat menambahkannya. Kita sarankan memilih cupang biru, cupang koi, cupang plakat, atau ikan lain yang berbeda untuk meminimalkan agresi.

Makanan Ikan Gurami Madu?

Memberi makan gurami madu matahari terbenam sangat mudah dilakukan; yang Kalian butuhkan hanyalah formula makanan pelet atau serpihan kaya protein yang ukurannya pas dengan mulut mungil mereka. Lengkapi dengan makanan beku atau mangsa hidup seperti udang air asin, cacing darah, atau daphnia. Karena gurami madu kebanyakan memakan invertebrata di alam liar, barang-barang ini akan memacu selera mereka dan mendorong mereka untuk bersiap untuk pemijahan!

Beberapa penghobi mengatakan bahwa gurami madu adalah omnivora; ini sebenarnya tidak benar. Sebagai karnivora, kami ingin memberi makan formula serpihan atau pelet berbasis hewan ke gurami madu kami. Jadi carilah ikan utuh, udang atau cumi-cumi.

Budidaya Gurami Madu

Membiakkan ikan gurami madu adalah salah satu aspek yang paling menarik untuk merawat keajaiban kecil ini! Hal ini juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan selama Kalian mengikuti petunjuk rinci dalam panduan perawatan gurami madu ini!

Jadi bagaimana kita memulai mengawinkan gurami madu?

Jenis kelamin gurami madu cukup mudah karena ikan ini sangat dimorfik secara seksual, artinya Kalian dapat membedakan jenis kelamin dengan melihatnya. Ikan gurami madu jantan akan lebih berwarna merah, kuning, atau jingga.

Dia juga akan memiliki garis coklat atau hitam pekat yang membentang dari wajahnya ke perutnya ke sirip dubur. Ikan gurami madu betina memiliki perut dan wajah berwarna perak, bukan coklat hingga hitam.

Gurami madu jantan juga yang membangun sarang gelembung dan kemudian mencoba membujuk betina untuk kawin di bawahnya. Jika Kalian tidak melihat sarang gelembung gurami madu, periksa apakah ada agitasi permukaan yang mengganggu saat ia mencoba membuatnya

Ikan ini hidup di air yang tenang dan tidak dapat membuat sarang gelembung jika permukaannya terus-menerus diterjang ombak kecil.

Tanaman terapung juga memberikan jangkar yang aman ke sarang gelembung gurami madu emas. Meskipun Kalian tidak memiliki tanaman, gurami madu jantan kemungkinan akan menambatkannya di sudut-sudut akuarium Kalian.

Merawat Telur dan Burayak Gurami Madu

Dengan asumsi pasangan gurami madu Kalian berhasil bertelur, Kalian masih memiliki beberapa pekerjaan di depan Kalian! Ikan gurami madu adalah induk yang baik dan tidak akan memakan telur atau burayaknya. Tapi benihnya sangat kecil dan membutuhkan makanan khusus begitu mereka menetas.

sayangnya, pelet berbentuk serpihan yang dihancurkan akan terlalu besar untuk mereka; bahkan nauplii udang air asin tidak akan berfungsi selama satu atau dua minggu pertama setelah telur gurami madu menetas.

Sebagai gantinya, Kalian harus mengolah infusoria untuk mereka, yang untungnya mudah dilakukan tetapi membutuhkan beberapa hari untuk memulai. Jadi mulailah membesarkannya saat Kalian melihat sarang gelembung gurami madu Kalian sedang dibangun dan gurami madu betina mulai membengkak dengan telurnya.

Berapa Banyak Gurami Madu yang Harus Dipelihara?

Gurami kerdil madu adalah ikan sosial dan harus dipelihara bersama, baik berpasangan atau dalam kelompok kecil. Jantan dapat terlihat satu sama lain sesekali untuk bersaing untuk perempuan. Tetapi selama Kalian memiliki 5 hingga 10 galon ruang per ikan, pertengkaran mereka tidak akan terlalu keras. Jadi, jika Kalian melihat gurami madu dijual, pertimbangkan untuk membeli lebih dari satu!