Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lidahnya Bisa Dimakan Ini 15 Fakta Terbaru Arapaima Gigas Ikan Air Tawar Terbesar Didunia


Lidahnya Bisa Dimakan Ini 15 Fakta Terbaru Arapaima Gigas Ikan Air Tawar Terbesar Didunia

Arapaima, diucapkan sebagai ar-uh-pahy-ma, adalah salah satu ikan air tawar terbesar yang berada di sungai tropis Amerika Selatan. Spesies ikan ini adalah salah satu yang sangat tua yang diyakini telah tinggal di air selama jutaan tahun. Mereka juga dianggap sebagai ikan yang sangat lezat oleh penduduk asli. Meningkatnya permintaan daging membuat arapaima rentan diburu. Untuk alasan ini,ikan yang disebut  fosil hidup ini berkurang jumlahnya. Arapaima juga dikenal sebagai paiche dan piracuru dalam bahasa lain. Sebuah fitur yang luar biasa dari arapaima adalah bahwa mereka bernapas dengan mengambil udara. Mereka tinggal di permukaan air yang rendah dan harus naik ke permukaan untuk mengambil oksigen. Kandung kemih mereka yang dimodifikasi yang terbuka di mulut membantu mereka bernapas di atas air. Mereka makan dengan proses menelan membuat suara seperti batuk. Aparaima gigas dianggap sebagai satu-satunya spesies arapaima. Namun, para ilmuwan telah menemukan tiga spesies lagi dari keluarga ini. Ini adalah hewan yang sangat unik dan jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang ikan ini, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang ikan arapaima.

1. Seperti apa rupa Arapaima?

Biologi ikan Arapaima cukup luar biasa. Mereka adalah spesies ikan air tawar terbesar. Dikenal sebagai pirarucu, Arapaima memiliki tubuh lebar berbentuk torpedo dan kepala meruncing. Tubuh mereka ditutupi dengan sisik yang tampak berwarna keabu-abuan atau hijau kehitaman. Mulut mereka ditempatkan terbalik. Tubuh tampak hitam dengan bagian tengah berwarna putih. Bintik-bintik kemerahan hadir di seluruh tubuhnya. Nama Brasilnya pirarucu diterjemahkan menjadi 'ikan merah' dalam bahasa Tupi. Tubuh arapaima ramping. Sirip punggung membentang di sepanjang bagian belakang tubuh ikan dan tergantung di dekat ekor. Sirip dubur arapaima juga terletak di dekat ekor. Sisik mereka memiliki lapisan luar yang keras dan termineralisasi yang membuat permukaan tubuh menjadi kasar dan bergelombang. Di bawah sisik, beberapa lapisan serat kolagen ditumpuk dalam susunan Bouligand. Tubuh arapaima sangat tangguh karena susunan setiap lapisan serat ini dalam orientasi sudut. Permukaan luar yang bergelombang dan keras serta lapisan dalam yang berlapis memungkinkan ikan menjadi fleksibel serta melindungi dirinya dari pemangsa di bawah air. Selain insangnya, arapaima juga memiliki lubang kantung renang yang dimodifikasi ke dalam mulut dan terbuat dari jaringan paru-paru yang memungkinkan ikan mengambil oksigen dari udara.

2. Seberapa besar Arapaima?

Arapaima atau pirarucu adalah salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. Ukuran panjangnya dari 2m-3m . Ikan arapaima terpanjang yang tercatat adalah 3,07 m.

3. Seberapa cepat Arapaima bisa berenang?

Meskipun tidak disebutkan secara pasti tentang kecepatan pasti Arapaima gigas, ikan ini diyakini sebagai ikan yang bergerak lambat karena mereka berasal dari sungai tropis yang bergerak lambat di Amerika Selatan.

4. Berapa berat Arapaima?

Berat arapaima bervariasi antara kisaran 100 kg-200 kg. Berat tertinggi yang tercatat dari spesies ini adalah 200kg.

5. Apa yang mereka makan?

Arapaima dikenal sebagai gulper. Mereka makan dengan proses menelan, membuka mulut besar mereka yang menciptakan ruang hampa yang menarik makanan yang ditempatkan di dekatnya. Di alam liar, Arapaima kebanyakan memakan ikan kecil. Ketika mereka naik ke permukaan air untuk menghirup udara, mereka juga memakan burung, mamalia, serangga, buah-buahan, dan biji-bijian yang mereka temukan di sana.

6. Di mana Arapaima tinggal?

Cekungan Amazon adalah rumah dari beberapa ikan air tawar paling beragam di dunia. Masih ada beberapa komunitas bawah laut yang belum ditemukan yang mendiami perairan sungai. Arapaima adalah salah satu spesies ikan asli yang hidup di air tawar sungai amazon. Jenis ikan ini lebih suka hidup di perairan tropis dan merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. Distribusinya meliputi sebagian besar daerah aliran sungai di Brasil, Peru, dan tempat-tempat lain seperti Bolivia, Guyana, dan Kolombia. Spesies akuakultur ini juga telah menyebar ke sungai tropis lain di Amerika Selatan selain dari lembah sungai Amazon. Di Bolivia, arapaima dianggap sebagai ikan invasif karena berbahaya bagi ekosistem asli. Jejak arapaima juga tersedia di Asia timur di mana mereka diyakini telah diperkenalkan secara tidak sengaja dan untuk tujuan memancing.

7. Apa habitat Arapaima?

Arapaima gigas atau pirarucu lebih memilih habitat yang sehat dan cukup besar untuk diri mereka sendiri. Mereka adalah spesies simbol fauna ikan Amazon. Ikan ini ditemukan di sungai yang relatif kekurangan oksigen. Dataran banjir di lembah sungai Amazon adalah habitat ideal bagi spesies besar ikan air tawar ini. Sungai meluap pada saat banjir dan ikan menyebar ke dataran banjir. Karena aktivitas manusia, mereka sekarang menyebar ke habitat air tawar di Asia Timur juga. Aparaima suka berada di dekat permukaan air kebanyakan sendirian.

8. Berapa lama Arapaima hidup?

Arapaima adalah salah satu ikan air tawar terbesar dan tertua yang ada di bumi. Mereka dianggap sebagai fosil hidup. Seekor arapaima memiliki rentang hidup rata-rata 20 tahun.

9. Bagaimana mereka bereproduksi?

Siklus reproduksi arapaima bergantung dan sangat dipengaruhi oleh banjir musiman yang terjadi di lembah Amazon. Diyakini bahwa Arapaima berubah warna ketika mereka bereproduksi. Ikan betina biasanya bertelur saat ketinggian air tetap rendah. Mereka juga membangun sarang untuk bertelur di daerah dasar berlumpur yang dalamnya sekitar enam inci dan lebar 20 inci hanya pada musim permukaan air rendah. Telur menetas pada saat permukaan air naik secara bertahap. Musim banjir antara Mei hingga Agustus adalah waktu bagi ikan-ikan muda untuk berkembang biak. Proses pemijahan tahunan ini diatur. Spesies jantan dewasa arapaima atau pirarucu melakukan peran reproduksi yang unik. Mereka adalah mouthbrooder yang berarti mereka mengerami puluhan dan ribuan telur dengan menyimpannya di dalam mulut dan melindunginya dari bahaya dengan segala cara. Betina melindungi jantan dengan memagari di sekitar mereka untuk melindungi telur dari pemangsa potensial.

10. Berapa banyak Arapaima yang ada di dunia?

Tidak ada data spesifik mengenai jumlah populasi arapaima yang tersebar di seluruh dunia karena sangat sulit untuk melakukan survei di wilayah yang begitu luas di Daerah Aliran Sungai Amazon. Namun, para ilmuwan telah berhasil menyimpulkan populasi arapaima di tempat-tempat tertentu dengan metode penghitungan. Misalnya, dalam survei yang melibatkan sepuluh wilayah arapaima yang layak huni, terlihat bahwa hingga tahun 2017, populasi arapaima kurang lebih di atas 170.000 ekor. Di tempat lain bernama Essequibo, ditemukan 5.000 ekor arapaima.

11. Apa status konservasi mereka?

Jumlah ikan arapaima berangsur-angsur menipis. Mereka menghadapi peningkatan penangkapan ikan komersial karena ukurannya dan konservasi mereka dapat dianggap rentan. Namun, diamati bahwa telah terjadi peningkatan tajam dalam beberapa tahun terakhir. Karena kurangnya data populasi yang kredibel karena luasnya, International Union for Conservation of Nature atau IUCN telah memasukkan arapaima atau pirarucu dalam Daftar Merahnya sebagai Data Deficient.

12. Apakah mereka berbahaya?

Mereka tidak dianggap berbahaya secara umum. Arapaima tidak mengandung racun atau gigi tajam atau apapun yang dapat berakibat fatal bagi manusia. Namun, ukurannya yang besar dan bobotnya yang berat terkadang dapat menimbulkan bahaya. Jika arapaima menjadi agresif, mereka mungkin akan memukul atau menggigit Anda sehingga menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

13. Apakah mereka akan menjadi hewan peliharaan yang baik?

Arapaima adalah ikan yang sangat besar. Mereka membutuhkan ruang yang luas dan habitat terbuka untuk bertahan hidup. Untuk memelihara arapaima sebagai hewan peliharaan Anda harus berinvestasi dalam ribuan galon air yang hasilnya sangat cbiasanya. Mereka juga dikenal sebagai gulper udara. Jadi mereka membutuhkan tingkat oksigen yang cukup di permukaan dan ruang terbuka yang luas untuk menghirup udara tanpa kesulitan.

14. Fakta Menarik

Lidahnya Bisa Dimakan Ini 15 Fakta Terbaru Arapaima Gigas Ikan Air Tawar Terbesar Didunia

Ikan Arapaima memiliki lidah bertulang yang unik dan penutup yang keras. Lidah bertulang adalah fitur unik dari ikan air tropis. Lidah mereka juga banyak diminati dan dikonsumsi oleh sebagian masyarakat pribumi.

15. Arapaima dan manusia

Arapaima adalah ikan air tawar besar dengan tubuh yang sangat keras. Karena ukurannya, mereka mungkin tampak menakutkan tetapi tidak berbahaya bagi manusia. Arapaima tidak memiliki gigi yang tajam sehingga mereka tidak bisa benar-benar menggigit. Mereka tidak agresif dan sifatnya damai. Namun, mereka memiliki rahang yang kuat dan jika mereka menggigitnya bisa menyakitkan. Tidak ada korban jiwa manusia yang pernah tercatat terkait dengan ikan ini. Terkadang mereka mendekati manusia ketika mereka datang untuk menghirup oksigen yang membuat mereka rentan terhadap pemangsa manusia.