Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LENGKAP !!! Apa Itu Bio Ball, Fungsi bio ball, Cara Mengunakan & Harganya


LENGKAP !!! Apa Itu Bio Ball, Fungsi bio ball, Cara Mengunakan & Harga

Apa kalian tahu bola plastik hitam kecil yang ada di dalam filter akuarium? Nah, itu disebut bio ball. Jika digunakan dengan benar, bio ball akan memberikan filtrasi biologis yang baik pada akuarium kalian. Kali ini, kami akan menjelaskan semua tentang bio ball. Lets go.

Apa itu bioball dan apa fungsinya?

Apa kalian tahu ada bakteri baik di aquarium kalian, yang mengubah amonia menjadi nitrit dan kemudian nitrit menjadi nitrat? iYa, bakteri itu membentuk bagian penting dari siklus nitrogen. Ya, bakteri itu membutuhkan tempat di akuarium kalian.

Disini lah peran bioball sebagai rumah untuk bakteri nitrifikasi. Bio ball dapat digunakan di akuarium air tawar dan air asin. Bioball memiliki desain  yang  menarik. Desain Ini sebenarnya memiliki tujuan yang sangat penting, yaitu untuk meningkatkan luas permukaan setiap bioball, karena bakteri suka menempel di permukaan benda. Dan, bentuk bioball plastik telah dirancang untuk memberikan area permukaan seluas mungkin bagi bakteri untuk menempel.

Bingung?

Baik ini penjelasnnya. Mari kita bandingkan bio ball dengan bola biasa

 

LENGKAP !!! Apa Itu Bio Ball, Fungsi bio ball, Cara Mengunakan & Harga

Meskipun kedua bola ini memiliki ukuran dan bentuk yang sama persis, bioball di sebelah kiri memiliki luas permukaan yang jauh lebih banyak, sehingga mampu menampung lebih banyak bakteri daripada bola di sebelah kanan. Beberapa bio ball bahkan memiliki potongan kecil keramik atau busa yang ada di dalamnya.

Saat air melewati bola-bola ini, bakteri nitrifikasi menyaring air aquarium, menghilangkan amonia dan nitrit dan secara biologis meningkatkan kualitas air. Oleh karena itu bioball akan bekerja paling baik dalam wadah besar atau filter eksternal.

 

Bagaimana cara menggunakan bioball?

Bioball bisa diletakan terendam di bawah air, Idealnya, kalian harus menggunakan beberapa bentuk filtrasi mekanis, seperti spons atau benang filter, sebelum air masuk ke bioball. 

 

Apa perbedaan antara bioball dan keramik ring?

LENGKAP !!! Apa Itu Bio Ball, Fungsi bio ball, Cara Mengunakan & Harga


Mana yang lebih baik, keramik ring atau bioball? kedua media filter ini didesain untuk keadaan berbeda. Tetapi untuk menjelaskan perbedaannya dengan benar, kami akan membahas secara singkat dua jenis bakteri yang membuat kedua media filter ini sebagai rumah tempat tinggalnya.

1. Bakteri nitrifikasi - Bakteri ini memakan amonia dan nitrit dan membutuhkan oksigen di dalam air untuk hidup. Bakteri nitrifikasi hidup di permukaan benda di akuarium kalian.

2. Bakteri Denitrifikasi - Bakteri ini memakan nitrat. Mereka hanya akan bertahan hidup jika tidak ada oksigen. Bakteri denitrifikasi hidup di dalam batuan, keramik, dan bahan berpori lainnya di mana tidak ada udara.

bioball hanya membawa bakteri nitrifikasi sedangkan keramik ring dapat membawa bakteri nitrifikasi ke permukaan dan bakteri denitrifikasi ke dalam, dan Itu membuat keramik ring unggul karena dapat membawa kedua jenis bakteri tersebut dalam proses filtrasi aquarium. Tapi, Keramik ring memiliki luas permukaan dengan pori-pori yang kecil.

LENGKAP !!! Apa Itu Bio Ball, Fungsi bio ball, Cara Mengunakan & Harganya

Pori-pori ini sangat kecil sehingga kita hampir tidak bisa melihatnya tanpa mikroskop. Di pori-pori inilah bakteri membuat rumah. Kelemahan dari pori-pori yang kecil ini adalah membuat bakteri bisa jadi gampang tersumbat dibanding bioball. Hal Ini terutama berlaku pada aquarium yang tidak memiliki filtrasi mekanis yang efektif. Walaupun membersihkan keramik ring dapat membantu memperpanjang masa pakainya, beberapa pori pori ini akan tersumbat secara permanen seiring berjalannya waktu. Ketika itu terjadi, penyaringan biologis menjadi semakin tidak efektif. Dan pada akhirnya kita harus mengganti semua keramik ring di akuarium. Di sisi lain, bioball mempunyai daya tahan yang cukup lama.

Jika kalian mencari media filter yang hanya membawa bakteri nitrifikasi dan membutuhkan sedikit perawatan, maka bio ball yang lebih ungggul. Tapi jika kalian ingin filtrasi yang maksimal dengan perawatan yang extra keramik ring bisa jadi pilihan.


Berapa banyak bio ball yang Anda butuhkan?

Aturan umumnya adalah 2,2 galon (8,2 liter) bioball per 100 galon (378,5 liter) air. bioball tersedia dalam berbagai ukuran agar sesuai dengan jenis filter yang berbeda. 

 

Hal apa yang perlu diperhatian saat menggunakan bio ball?

Jika kalian salah menggunakannya, Bioball menjadi tidak baik untuk akuarium kalian, karena dapat menjadi pabrik nitrit. Kotoran, makanan ikan yang tidak dimakan, dan limbah lainnya dapat terperangkap dalam struktur berpola bioball tersebut. Jika ini terjadi, limbah dapat terurai dan menyebabkan lonjakan kadar nitrat. Bioball harus digunakan hanya untuk filtrasi biologis. Bioball dirancang untuk menampung bakteri, bukan untuk menjebak dan membuang limbah dari kolom air. Filter mekanis seperti spons atau kapas filter harus dipasang sebelum bioball. 

 

Bagaimana cara membersihkan bio ball?

Jika kalian melihat kotoran hijau atau coklat tebal melapisi bioball, berarti itu sudah waktunya untuk dibersihkan. Membersihkan bioball paling baik dilakukan saat mengganti air. Ambil sebagian air dari aquarium dan gerak gerakan bioball dengan tangan sampai kotorannya keluar. Jangan menggosok atau menyeka bioball karena dapat menghilangkan bakteri. Jika bio kalian sangat kotor, kalian mungkin perlu mengulangi prosesnya. Jangan gunakan air selain air aquarium untuk membersihkan bio ball, Jangan gunakan sabun, disinfektan, atau bahan pembersih lainnya karena akan membunuh semua bakteri pada bio ball.

 

Harga

Bioball bisa kalian dapatkan di toko toko online dengan harga mulai dari 100-150 rupiah perbuah.

Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.